ASUS VivoBook Pro N580, Notebook Paling Ciamik untuk Pekerja Kreatif

Bodi ramping, suara nyaring, RAM 8GB, Grafis Nvidia 4GB, SSD 128GB+Harddisk 1TB. Kurang apalagi?


Hola Sobat Hansip! Bertemu lagi dengan Mas Hansip di sini. Kali ini kita libur dulu ya. Jika biasanya Hansip Online membahas dinamika penduduk dunia maya yang absurd bin ngeselin. 

Kali ini Mas Hansip ingin membahas salah satu alat tempur yang apik untuk para pekerja kreatif. Belakangan ini, Industri Kreatif mulai dilirik oleh Pemerintah Indonesia. Bahkan Presiden Joko Widodo sampai membentuk badan yang memayungi industri kreatif kita, yaitu Badan Ekonomi Kreatif atau biasa disebut BEKRAF.

Kedepannya, Industri Kreatif diprediksi akan berkembang dengan sangat pesat. Bahkan Hansip Cyber Network juga salah satu pelaku Industri Kreatif di bidang digital dan sosial media lho :p . Oleh karena itu, kali ini Mas akan menekankan industri kreatif digital dan multimedia saja ya, hehe.

Apasih yang paling dibutuhkan oleh pekerja kreatif?

Sebetulnya dari kata kreatif saja kita bisa tahu, bahwa di Industri Kreatif yang paling utama adalah ide segar dan kreatifitas sebagai bahan baku utuamanya. Jadi jika bertanya apa yang paling dibutuhkan oleh pekerja kreatif, ya kreatifitas itu sendiri.

Tapiiii... Ada tapinya nih sob. Untuk menuangkan ide-ide kreatif kita, tentu saja tidak bisa kita wujudkan dengan tangan kosong. Semua pekerja kreatif memerlukan perlengkapan perang dalam menuangkan idenya. Misalnya saja vlogger membutuhkan kamera, animator membutuhkan pentab, komposer membutuhkan alat untuk mixing lagu.

Setiap bidang kreatif memiliki alat tempurnya masing, namun yang pasti semua bidang industri kreatif di era digital ini butuh banget yang namanya Notebook. Ya gak sih?

asus-vivobook-pro-n580-review-19-1500x1000-1.jpg

sumber gambar : digitaltrends.com

ASUS VivoBook Pro N580 : Notebook Eksklusif untuk Kamu yang Berjiwa Kreatif

Judul di atas nampaknya tidak berlebihan ya sob, huehe. Mas sendiri memang selalu memilih ASUS sebagai laptop kesayangan. Dari mulai SMK punya Laptop ASUS hasil pemberian orang tua. Sampai kerja dan bisa beli laptop ASUS sendiri. Total kini Mas Hansip punya dua laptop ASUS di rumah. (Semoga ASUS mau nambahin yak, huehehe).

Yak, ASUS meluncurkan Notebook yang mantap jiwa, baik dari segi desain maupun spesifikasi sob. Yang jelas notebook ini dijamin bakal bikin kamu yang berjiwa kreatif makin aktif dalam menghasilkan karya. Iya, dijamin!!! 

Cekidot kita buktiin satu-satu :

PDKT dengan ASUS VivoBook Pro N580

Belakangan ini, multimedia sedang berkembang dengan pesat. Untuk itu ASUS menghadirkan produk VivoBook Pro yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar, terutama bagi content creator dan multimedia mania.

asus-vivobook-pro-n580-review-20-800x533-c.jpg

sumber gambar : digitaltrends.com

ASUS VivoBook merupakan ultrabook yang didesain untuk pengguna dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Ultrabook ini juga dipersenjatai chip grafis kelas atas dan audio yang super jernih. Oh iya Mas lupa kasih tau, kalau VivoBook Pro N580 ini sudah menggunakan Windows 10 terbaru dengan dukungan Cortana dan Windows Hello. Itu lho yang kayak JARVIS di Iron Man itu. Kurang keren apalagi punya asisten sebuah AI? Asal jangan suruh Cortana bikin kopi aja, nanti dia bingung. Huehe

Tampilan Ramping Namun Suara Tetap Nyaring

asus-vivobook-pro-n580-review-9-800x533-c.jpg

sumber gambar : digitaltrends.com

Sebagai ultrabook, VivoBook Pro ini memiliki tampilan yang sangat ramping menyerupai Zenbook. Meski memiliki tubuh yang ramping namun audio atau suara yang dihasilkan oleh VivoBook Pro ini sangat nyaring berkat dukungan audio dari Harman Kardon. 

Pokoknya walaupun ramping, tapi suara dari ASUS VivoBook Pro ini dijamin nyaring deh. Kalo berandai  ASUS itu sebagai  JKT48, maka VivoBook Pro ini adalah Melody Nuramdhani-nya. Hihi

Oh iya, dengar-dengar karena disematkan Harman Kardon dalam sistem Audionya. Speaker dari notebook ini bisa 3 kali lebih keras dari laptop sejenisnya, namun dengan suara yang tetap jernih tentunya. 

Bodi Aluminium, Terlihat Elegan dan Tampan

asus-vivobook-pro-n580-review-24-800x533-c.jpg

sumber gambar : digitaltrends.com

Desain yang slim ini cocok banget buat kamu yang sering bepergian. Jika terpaksa mengerjakan tugas di cafe atau restoran, VivoBook Pro ini gak akan malu-maluin karena tampilannya sangat elegan dan berkelas. 

Ketebalan ASUS VivoBook Pro N580 hanya 19.2mm, Hampir semua bagian luarnya dilapisi oleh alumunium. Meski notebook ini terbilang lebar namun bobotnya hanya 2 kilogram lho sob. Selain itu, bodi alumunium alloy membuat notebook ini tidak mudah berdebu dan kotor.

Mesin tempur Intel® Core™ i7-7500U + Windows 10 : Siap Perang!!!

Image result for Intel i7 7500U wallpaper

ASUS VivoBook Pro N580 ini sudah dibenamkan Prosesor Intel® Core™ i7-7500U. Prosesor tersebut merupakan generasi ke-7 dari intel dengan kode Kaby Lake. Prosesor ini sangat andal dan juga hemat energi sob.

Notebook ini juga sudah terinstall Windows 10 original lho ya. Jadi buat sobat Hansip yang beli notebook ini bisa langsung tempur dengan ide-ide kreatif di kepala. Ajib kan?  hehe 

Nvidia GTX 1050 4GB + RAM 8GB : Kreatifitas Tanpa Batas!!!

Sebentar-sebentar. Apa hubungannya RAM dan kartu grafis dengan kreatifitas tanpa batas?

Sini Mas Hansip jelasin sob. Pasti kamu pernah ngimpi kan, bikin video dengan efek yang keren banget, atau pengen bikin game yang memukau semua orang. Tapi terhambat oleh spesifikasi komputermu  yang kurang kece.

Bisa sih buka After Effect dan Adobe  Premiere, tapi pas rendering lamanya minta ampun bahkan bisa ditinggal liburan keluar kota dulu baru kelar render. Atau yang lebih parah aplikasi video editing suka force stop karena RAM-nya sudah sesak? Pasti pernah kan? Pasti lah, soalnya Mas Hansip juga pernah ngalamin, hiks. (T__T).

Kabar bahagianya, kamu gak perlu takut hal tersebut terulang kembali. Karena dengan VivoBook Pro ini kamu bisa menuangkan ide-ide dan teknik saktimu tanpa terkendala spesifikasi lagi.  

VivoBook Pro N580 ini sudah dipersenjatai RAM 8 GB DDR4 yang sudah lebih dari cukup untuk editing video. Ditambah Nvidia GTX 1050 dengan VRAM 4GB membuat proses render terasa lebih cepat. Dan tentu saja, buat kamu yang  seoarang gamer juga, dengan kartu grafis sebesar itu membuat game-game berat terasa ringan dan smooth saat dimainkan.

Sedikit tambahan, kapasitas RAM pada VivoBook Pro bisa diupgrade sampai 16GB lho sobat-sobat. 

Dua Kipas untuk Menghalau Panas

Screenshot_42.png

Sebagai laptop multimedia, VivoBook Pro menanamkan beberapa fitur yang sangat pengertian. Misalnya sistem pendingin pada notebook ini.

ASUS VivoBook Pro N580 sudah dipersenjatai dengan dual fan sebagai pendingin CPU dan GPU. Kipas ini mengambil udara dingin dari samping kiri dan kanan notebook yang kemudian membuang udara panas dari belakang .

Meskipun VivoBook Pro menggunakan kipas ganda, namun bunyi kipas tersebut sangat halus dan tidak berisik lho sobat.

Sistem pendingin ini terbilang sangat efektif dari segi fungsi dan sangat nyaman dari segi pengalaman pengguna. Jadi kamu gak perlu khawatir bakal overheat ya kalo menggunakan VivoBook Pro ini. 😀

Layar Lebar dan Optimasi Visual yang AndalaHR0cHM6Ly93d3cubGFwdG9wbWFnLmNvbS9pbWFnZXMvdXBsb2Fkcy81MjgxL2cvYXN1cy12aXZvYm9vay1wcm8tMDAyX3ByZXZpZXcuanBn.jpg

sumber gambar :laptopmag.com

Untuk sobat yang sering mengedit video dan bekerja multi tab, layar LED backlit 15,6 inch ini sangat nyaman digunakan sehari-hari. Display milik VivoBook Pro ini sudah mendukung resolusi Full HD atau 1920×1080.

Rupanya pihak ASUS tidak hanya memoles VivoBook Pro ini dari segi sisi hardware saja lho.  Hal ini dapat dibuktikan dengan dibenamkannya fitur Eye Care dan truVivid.

Eye Care Mode merupakan mode pada layar yang memungkinkan  cahaya biru pada layar direduksi agar menghindari cedera pada retina mata sobat. Mode ini bisa sobat aktifkan saat hendak menatap laptop dalam waktu lama, misalnya mengetik skrip film atau pekerjaan lainnya. Wah ASUS pengertian banget yah!

Vivid Mode merupakan mode yang didukung oleh teknologi  TruVivid supaya ketajaman dan kejernihan layar dapat ditingkatkan. Sehingga kontras warna dapat terlihat dengan jelas. Mode ini sangat membantu banget untuk sobat yang bergerak di bidang desain grafis. Dengan fitur ini kamu juga bisa melihat foto atau melihat film dengan tampilan yang lebih hidup dan sangat detil, wow!

Sudahlah, fitur segitu sudah cukup bagi kamu pekerja kreatif untuk bekerja lebih aktif atau buat kamu yang seneng nonton bisa liat video JKT48 sampe melotot melotot. Haha!

SSD 128GB + HDD 1TB : MUANTAB SOB!

Untuk  media penyimpanan, VivoBook Pro N580 ini sudah menggunakan SSD 128GB sebagai storage untuk Sistem Operasi. Dan Harddisk 1TB untuk sobat menyimpan file seperti film, musik, dokumen, video footage ataupun videonya mbak Melody *plakk!!

Singkatnya, teknologi Solid State Drive atau SSD sebagai media penyimpanan membuat Windows 10 yang terdapat dalam VivoBook Pro ini bekerja jauh lebih cepat dibandingkan laptop yang menggunakan harddisk.  Pokoknya sobat gak perlu khawatir booting windows lemot atau gimana.

Pekerja kreatif dibidang multimedia, sejatinya sangat bergantung pada kapasitas penyimpanan sebuah device. Rata-rata mereka menghabiskan ruang penyimpanan hanya untuk video footage ataupun video yang sudah melalui tahap edit. Ditambah segudang komponen video yang memang berukuran raksasa. 1TB adalah kapasitas yang sangat ideal untuk menampung itu semua.

Dan juga, harddisk 1TB itu terbilang sangat besar untuk notebook setipis ini. Kamu gak perlu khawatir kehabisan kapasitas saat nyimpen video Mbak Melody dan teman-temannya di JKT48. hihihihi

Dari Port, Baterai : Semua Siap Pakai!!!

asus-vivobook-pro-n580-review-17-800x533-c.jpg

sumber gambar : digitaltrends.com

Bagian ini memang jarang dilirik oleh awam. Tapi bagi Mas Hansip yang rempong dan suka colokin apa aja ke laptop. Port Input Output menjadi syarat mutlak untuk memilih sebuat notebook.

VivoBook Pro N580 sendiri terbilang sangat lengkap dalam hal I/O ini. Karena notebook kece ini sudah dilengkapin 2x port USB 2.0, 1x port USB 3.0 , 1x HDMI, SD Card Reader, bahkan ada port USB type C juga lho. Tak ketinggalan port untuk RJ45 LAN dan headphone/microphone 2 in 1.

Oh iya, Baterai notebook ini sebanyak 3 cell battery dan mampu standby selama 42 jam. Jadi gak perlu khawatir kalo mau nongrong di kafe sambil nugas. hehe

Fingerprint dan Tipikal Pekerja Kreatif

asus-vivobook-pro-n580-review-14-800x533-c-1.jpg

sumber gambar : digitaltrends.com

Dear para pekerja kreatif, pastinya sering kan kalian-kalian males keluar dari kursi atau enyah depan laptop. Bahkan makan minum pun sambil menghadap laptop.

Dikondisi tangan yang penuh itu kadang notebook suka lock sendiri. Mau liat progress rendering tapi harus ngetik password dulu, mau ngetik password tapi tangan penuh. Arrggh.. Bacanya aja pusing apalagi yang ngelakuin kan? Haha

Disitulah Mas Hansip menganggap fitur di VivoBook pro yang satu ini sangat membantu sob. Yaps, fitur sidik jari atau fingerprint. Jadi sobat hanya butuh menyentuhkan jari ke sensor fingerprint yang ada di pojok kanan atas touch pad ini. Sensor ini sangat sensitif kok, jadi kamu gak perlu ngeden juga (udah kayak apa aja, haha). 

Kedepan, fitur ini bakal ngebantu banget deh. Terlebih bagi kamu yang males ngetik password berulang kali. Karena kini juga makin banyak aplikasi aplikasi di windows yang terintegrasi dengan sensor sidik jari juga. 

Spesifikasi lengkap  :

Main Spec. ASUS VivoBook Pro N580
CPU Intel® Core™ i7 7700U Processor (4M Cache, up to 3.5GHz)
Operating System Windows   10 Home
Memory 8GB DDR4 2400MHz SDRAM
Storage 1 TB + 128GB SSD
Display 15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Glare Panel with   100% sRGB
Graphics Nvidia GTX 1050 VRAM 4GB GDDR5
Input/Output 1 x   Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI,   1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0   port(s)
Camera VGA Web Camera
Connectivity Integrated   802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio
Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital   Array Microphone
ASUS SonicMaster Premium Technology
Battery 3 Cells 42 Whrs   Battery
Dimension (WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight 2 Kg with Battery
Colors Rose Gold, Royal Blue, Quartz Grey
Accessories Exclusive Sleeve, Mini Dock
Warranty 2 tahun garansi global

Selengkapnya : https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-Pro-15-N580VD

Kenapa sih Harus VivoBook Pro N580, Mas?

Gimana yah jawabnya.  Sebagai pekerja kreatif kita harus memiliki notebook sebagai investasi jangka menengah. Karena bagi Mas Hansip pribadi, sebuah laptop adalah pacar yang dari pagi ketemu pagi lagi selalu menemani hari-hari kelabu (apasih).

Tapi memang kenyataannya tho? Bagi pekerja kreatif, notebook adalah benda sakral tempat menelurkan ide ide out the box kita. Baik outputnya berupa musik, video, tulisan atau bahkan kodingan. VivoBook Pro N580 merupakan pilihan paling tepat karena tampilannya kelas eksekutif dan spesifikasi yang sangat ciamik. 

Bagi youtubers dan video creator, notebook ini sangat cocok menemani kamu dari nulis skrip, menyimpan video footage sampai melakukan editing profesional dimanapun kalian berada.

Bagi para gamers, notebook ini sudah pantas sebagai pengganti PC Gaming.  Dengan VGA Card Nvidia GTX 1050 4GB dan RAM 8GB, VivoBook Pro ini mampu menghajar game berat namun tetap bisa kamu bawa kemana-mana. Keren kan?

Untuk copywriter, penulis ataupun blogger seperti Mas Hansip. VivoBook Pro ini sangat sangat nyaman untuk mengetik. Terlebih keyboardnya sudah kelap kelip *JDUAK!! Maksudnya sudah mendukung backlit, jadi walau lagi mati lampu keyboard sobat tetep terang benderang dam memudahkan kita untuk terus menulis.

Sebagai pertahanan sipil dunia maya, laptop seperti ASUS VivoBook Pro N580 ini sudah lebih dari cukup untuk terus memantau gerak gerik lucu dan gokil warganet zaman now yang gak ada abisnya.

Akhir kata, mohon maaf jika ada kesalahan kata apalagi yang menyinggung om-om ASUS. Hehe

Semoga informasi ini bermanfaat buat sobat yang masih gundah gulana mencari notebook yang cocok untuk berkarya. Eits! Hampir lupa, buat kamu yang ingin meminang ultrabook ini cukup merogoh kocek 15jutaan kok. Harga ini terbilang murah karena sebanding dengan spesifikasi dan segudang kelebihan lainnya. 😉

Mantap Sahabatku!!!

What's Your Reaction?

Ngamok Ngamok
1
Ngamok
Wkwk Wkwk
2
Wkwk
Luv Luv
5
Luv
Nangid Nangid
2
Nangid
WoW WoW
1
WoW
Mantap Mantap
11
Mantap
Unyu Unyu
0
Unyu

Comments 15

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    1. Zenbook itu ultrabook high-end milik ASUS sob. Nah, kalau VivoBook Pro ini middle-high gitu. Secara harga lebih murah dari ASUS Zenbook. Tapi untuk keperluan multimedia dan editing video sudah lebih dari cukup.

      Makasih sudah mampir ya! hehe

ASUS VivoBook Pro N580, Notebook Paling Ciamik untuk Pekerja Kreatif

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item