Dampak Mengerikan Narkoba Kepada Remaja


Halo sobat hansipedia, bertemu lagi dengan Prof. Hansip di sini. Kali ini kita akan bahas permasalahan yang agak serius lho. Yup, kali ini kita akan bahas tentang narkoba. Sebelum itu yuk kita mengenal apa narkoba itu.

Narkotika dan Obat-obatan terlarang (NARKOBA) atau Narkotik, Psikotropika, dan Zat Aditif (NAPZA) adalah bahan / zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologi seseorang (pikiran, perasaan dan perilaku) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi.

Nah , jadi dapat disederhanakan bahwa narkoba adalah sekumpulan obat-obatan berbahaya dan sesuatu yang mengandung zat aditif berbahaya.

Saat ini, Indonesia tengah dilanda krisis moral yang amat memprihatinkan. Sebagai negara yang tingkat usia produktifnya sangat tinggi ini, menjadikan Indonesia sebagai ladang basah tempat pengedaran narkoba. Parahnya lagi, remaja-remaja seperti kita justru menjadi target konsumen utama para bandar dan pengedar narkoba.

Untuk itu, di sini Mas Hansip akan sedikit menjelaskan hal-hal apa saja yang akan terjadi kepada kita kalau nekat menggunakan narkoba.

Inilah dampak kepada diri kita kalau nekat mengkonsumsi narkoba :

1. Dikucilkan dalam masyarakat dan pergaulan

Tentu saja, tidak ada orang normal yang mau bergaul terang-terangan dengan para pemakai narkoba. kalaupun ada tentu mereka akan merasa iba dan juga malu jika diketahui orang-orang kalau ia berteman dengan para pemakai barang terlarang tersebut.

Selain orang lain yang akan menjauhi kita, ternyata kalau kita memakai narkoba akan secara otomatis menjadi makhluk yang anti-sosial, minder dan memiliki rasa malu terpendam. Hal ini juga yang semakin membuat diri kita merasa tidak memiliki siapa-siapa di dunia ini.

2. Keluarga akan sangat malu karena memiliki anggota keluarga menjadi seoarang pemakai.
Selain masyarakat dan teman, bahkan orang terdekat kita pun lebih malu lagi karena mengetahui keluarganya menggunakan barang terlarang tersebut. Perlu teman-teman ketahui, bahwa keluarga adalah tempat terakhir kita untuk melarikan diri atau pun meminta dukungan. Kalau keluarga sudah tidak mengakui kita, lantas siapa yang akan mensupport kita?

3. Hilangnya masa depan

Duh gimana ya, orang tua sudah membesarkan kita dari belum bisa melek, lalu bisa berjalan dan melakukan banyak hal tapi kita membalasnya dengan kabar kalau kita terkena overdossis. Tentu orang tua memberikan segalanya kepada kita karena mereka berharap anak-anaknya mendapatkan masa depan yang cerah, bahkan lebih cerah dari diri mereka sendiri. Namun kita malah terjebak dalam lingkaran setan yang menyesatkan ini.

Ditambah lagi, kita akan kehilangan kesempatan belajar karena dikeluarkan dari sekolah atau kampus, susah mencari kerja, dan tidak dipercaya lagi oleh semua pihak yang seharusnya mampu menunjang masa depan kita. Kalau sudah masuk penjara, kita bisa apa?

4. Dosa besar yang terus menerus dilakukan

Jika sudah candu, maka kita akan lupa dengan segala urusan ketuhanan. Bahkan bisa saja kita berprilaku sebagai orang tidak berketuhanan. Kita jadi merasa tak bersalah saat mencuri, berzina dan hal-hal keji lainnya.

Tuhan adalah tempat terakhir kita memohon perlindungan dan tempat kita memohon. So, jangan sampai kita mendustakan Tuhan dengan menggunakan obat-obatan haram tersebut yah.

5. Gangguan mental
Para pemakai biasanya memiliki gangguan mental yang luar biasa dikarenakan efek obat yang dikonsumsinya. Hal tersebut antara lain gangguan jiwa, stress berat bahkan sampai kasus bunuh diri. Bukan hanya masyarakat biasa saja yang dapat terjebak dengan hal ini. Aaat banyak selebriti yang terjerumus dan mengidap penyakit mental serupa.

6. Gangguan kesehatan fisik
Wah, yang ini jangan ditanya deh sob. Udah pasti kalo mengkonsumsi narkoba badan kita bakal remuk seutuhnya. Narkoba adalah benda dahsyat yang dapat menghancurkan diri kita dari dalam, secara cepat atau lambat tentunya. Gangguan kesehatan yang dimaksud antara lain gangguan jantung, gangguan pada otak, gangguan pada sistem saraf, gangguan pada tulang, gangguan pada kulit, gangguan pengelihatan, gangguan paru-paru, gangguan sistem pencernaan dan masih b(uuuu)anyak efek negatif lainnya.

Gimana sih cara kita agar terhindar dari narkoba?

Nah di sini Mas akan memberikan beberapa poin sederhana bagaimana agar kita tidak terjerumus kedalam dunia suram ini, yuk disimak.

1. Kuatkan iman dan taqwa.
2. Memilah pergaulan secara pintar (inget, bukan pilih-pilih lho), ini hanya filter sosial.
3. Memahami betul risiko apabila kita mengkonsumsi NAPZA.
4. Ingat selalu jasa-jasa orang tua dan keluarga yang telah berjuang demi masa depan kita.
5. Kuatkan tekad dan ingat selalu cita-cita apa yang ingin kita raih. Ingat! Narkoba dapat mengahncurkan cita-cita dan masa depan.
6. Ikut berbagai aktivitas positif sehingga diri kita disibukan dengan kegiatan yang produktif dan terhindar dari kegiatan yang negatif.

Mungkin sekian dulu artikel tentang dampak narkoba yang dapat Mas Hansip share, artikel selanjutnya masih membahas tentang narkoba lho. Jadi tunggu kelanjutannya ya.

Oh ya, yuk like fanpage kami di Hansip Labs. Jadilah penerus bangsa yang bermanfaat!

What's Your Reaction?

Ngamok Ngamok
0
Ngamok
Wkwk Wkwk
0
Wkwk
Luv Luv
0
Luv
Nangid Nangid
0
Nangid
WoW WoW
0
WoW
Mantap Mantap
0
Mantap
Unyu Unyu
0
Unyu

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dampak Mengerikan Narkoba Kepada Remaja

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item