Kenapa Jari Tangan Kita Bisa Keriput?


Ayo Share!
Apakah teman-teman pernah berlama-lama mandi dan bermain air? Pasti pernah dong ya mengalami kulit keriput. Nah kalian tau gak apa penyebabnya? Yuk kita bahas bareng-bareng!

Telapak tangan bisa keriput saat kita terlalu lama berendam di air, mencuci sepeda, atau hal-hal yang berhubungan dengan air lainnya. Saat kulit kita mengalami keriput, maka seolah-olah kita sudah seperti orang lanjut usia. 😆

Tapi temen-temen tau gak sih apa penyebabnya kok tangan kita bisa keriput gitu? Yuk simak tulisan di bawah ini.
Konstraksi pembuluh darah pada telapak kaki dan tangan

Penelitian membuktikan bahwa keriput atau mengkerutnya tangan disebabkan oleh kontraksi pembuluh darah sebagai reaksi terhadap air yang ada. Kontraksi tersebut dilakukan oleh sistem saraf simpatik pada tubuh. 
Sistem saraf simpatik ini tugasnya mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan fungsi vital lainnya di dalam sistem tubuh. Saat teman-teman berada dalam air pembuluh darah yang berada di tangan akan menyempit dan menegang karena sistem saraf simpatik mengalihkan darah ke bagian pusat tubuh. Saat pembuluh darah menyempit maka aliran darah pun menjadi sangat kecil bahkan hampir hilang di jari-jari kita. Nah akhirnya kulit kita jadi mengkerut tuh karena gak ada darahnya. 
Jadi begitu deh penjelasan sederhana kenapa tangan kita bisa keriput saat kelamaan di terkena air.
Fakta menarik seputar keriput
Saat jari tangan anda berkerut maka akan memudahkan teman-teman dalam menggenggam barang atau benda yang basah dan benda yang berada di dalam air, serta anda dapat berjalan di dalam kolam renang dengan mudah jika jari kaki anda pun menjadi berkerut.
Gak percaya? Coba saja pindahkan benda-benda basah dan licin dengan tangan yang dalam keadaan keriput. Lalu setelah itu pindahkan benda yang sama dengan kondisi tangan yang kering. Hitung menggunakan stopwatch dan catat mana yang lebih cepat. hehe
Perlu teman-teman ketahui, keriput karena air itu bukanlah hal yang berbahaya lho. Dalam beberapa menit setelah mengeringkan tubuh maka keadaan kulit akan kembali seperti semula.

Yuk share ke sahabat atau adik-adik yang penasaran dengan kulit keriputan! 

Ayo Share!

Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Ngamok Ngamok
0
Ngamok
Wkwk Wkwk
0
Wkwk
Luv Luv
0
Luv
Nangid Nangid
0
Nangid
WoW WoW
0
WoW
Mantap Mantap
0
Mantap
Unyu Unyu
0
Unyu

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kenapa Jari Tangan Kita Bisa Keriput?

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item