Mengenal Apa Itu Black Friday dan Cyber Monday




Black Friday dan Cyber Monday adalah dua fenomena besar yang tidak bisa dipisahkan dan berpusat di Amerika Serikat. Istilah Black Friday dan Cyber Monday tentu tidak asing lagi bagi teman-teman yang aktif di dunia internet marketing maupun sering berbelanja online di website luar negeri (seperti: Amazon, Walmart, eBay, dll).
Black Friday dan Cyber Monday adalah fenomena diskon gila-gilaan yang terjadi di Amerika Serikat dan jatuh setelah perayaan Thanksgiving Day
Sejarah Thanksgiving days
Di Amerika, Thanksgiving day merupakan hari besar nasional yang jatuh pada hari Kamis minggu keempat pada bulan November. Hari tersebut disebut hari pengucapan syukur dan pertama kali dilakukan pada tahun 1619.
Nah, warga Amerika Serikat sendiri merayakan Thanksgiving untuk mengucapkan syukur karena telah diberi kehidupan di atas pemerintahan yang damai. Di hari kamis ini maka seluruh karyawan tetap mendapatkan gaji meski diliburkan.
Di Kanada, Thanksgiving day jatuh pada hari senin minggu berikutnya. Dan di Kanada, Thanksgiving sendiri lebih pada perayaan rasa syukur atas musim panen yang telah diberikan oleh Tuhan.
Mengenal Black Friday dan Cyber Monday
Black Friday sendiri muncul pertama kali pada tahun 1966 di Philadelphia, Amerika Serikat. Black Friday merupakan fenomena yang sangat besar yang berpusat di Amerika Serikat. Pada perayaan Black Friday, maka teman-teman akan menemukan kerumunan warga memadati pusat perbelanjaan, jalanan penuh dengan mobil yang lewat untuk menjembut dan mengantar barang
Ya Black Friday adalah perayaan hari belanja murah, disebut black friday karena pada hari itu biasanya neraca pembukuan mereka berubah dari warna merah (merugi) menjadi hitam atau untung (dikutip dari: wikipedia).
Black Friday menandakan bahwa musim belanja natal sudah dimulai. Pada hari ini seluruh toko online maupun offline akan melakukan diskon yang GILA-GILAAN. Ada yang memberikan promo beli 1 gratis 1 , bahkan ada yang memberikan diskon sampai 90% . Memang Acara Blac Friday dijadikan ajang untuk cuci gudang bagi toko-toko di sana.
Biasanya setelah perayaan Thanksgiving day karyawan akan tetap libur sampai 4 hari setelahnya. Karena di Kanada sendiri Thanksgiving day jatuh pada hari senin. Maka hari Senin dijadikanlah Cyber Day atau Hari Belanja Online. Nah pada saat itu itulah sebagian besar toko online akan melakukan diskon yang super banyak. Di Indonesia pun kita memiliki hari yang sama seperti Cyber Monday  ini lho, namanya Hari Belanja Online Nasional.

Pada Black Friday dan Cyber Monday ini maka ratusan juta warga Amerika akan berbondong-bondong memborong barang di pusat perbelanjaan. Bahkan tak jarang menimbulkan keributan.
Yang di diskon saat Black Friday dan Cyber Monday adalah elektronik, peralatan rumah tangga, bahan pangan dan gadget-gadget yang sedang in. Dalam dunia internet marketing pun hampir pemain besar penyedia hosting dan domain melakukan diskon gila-gilaan dengan mengeluarkan kupon sakti untuk potongan harga. Domain yang biasanya $13 biasanya akan didiskon menjadi $0,99 saja. 
WOW, sungguh luar biasa bukan. hehe

Oleh karena itu beberapa saat sebelum tiba Black Firday para konsumen rela menabung sampai banyak baik masyarakat Amerika maupun luar amerika. Karena omset website online shop akan meningkat pesat penjualannya. Sekarang beberapa negara seperti Inggris, Brazil dan Swedia juga merayakan hal yang sama lho teman-teman.
Mungkin seru kali yah jika di Indonesia terdapat Black Friday dan Cyber Monday seperti di Amerika.
Mungkin gak perlu liburnya, cukup diskonnya saja. hehe 

(hanif)

What's Your Reaction?

Ngamok Ngamok
0
Ngamok
Wkwk Wkwk
0
Wkwk
Luv Luv
0
Luv
Nangid Nangid
0
Nangid
WoW WoW
0
WoW
Mantap Mantap
0
Mantap
Unyu Unyu
0
Unyu

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengenal Apa Itu Black Friday dan Cyber Monday

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item