Tips Hasilkan Foto Maksimal Tanpa Ponsel Mahal


hasilkan foto bagus dengan smartphone yang gak mahal

Kadang kala, ponsel murah atau kelas bawah kerap kali menjadi masalah untuk menghasilkan gambar yang wah. Kita sering kali kecewa dengan hasilnya, tapi kita dapat memaksimalkannya.


Di jaman serba digital seperti saat ini, handphone semakin kompleks penggunaannya, mulai dari fitur dasar seperti SMS dan telepon sampai fitur-fitur canggih seperti streaming, GPS dan menulis dokumen.

Namun dari sekian banyak fitur yang berkembang, kamera adalah fitur utama dan paling sering digunakan oleh masyarakat untuk mengabadikan momen-momen mereka. Terlebih kaum hawa untuk berselfie ria. hihi

Untuk orang-orang yang memiliki ponsel high-end tentu tak ada masalah dengan gambar yang dihasilkan oleh ponsel ataupun smartphone milikknya. Lain halnya dengan para pemakai ponsel standar dengan spesifikasi kamera seadanya.

Oleh karena itu perlu trik-trik tertentu agar gambar yang kita abadikan dapat maksimal dan enak dipandang. Minimal menghasilkan gambar terbaik dari spesifikasi perangkat yang kit punya.

Oke daripada banyak cingcong langsung kita bahas aja yuk!

1. Perhatikan Pengaturan Kamera

Camera-ZOOM-FX-4-0-0-for-Android-Brings-a-New-UI-Handful-of-New-Features-6-850x478.jpg

Hal pertama yang harus kita lirik adalah settingan kamera pada ponsel kita. Karena pengaturan inilah yang menentukan batasan-batasan dan fitur yang digunakan saat mengambil gambar.

Pilihlah resolusi paling tinggi, dengan memilih resolusi paling tinggi maka gambar yang dihasilkan semakin tajam dan detail. Namun perlu diperhatikan bahwa resolusi tinggi akan membuat ukuran file gambar lebih besar dar resolusi standar. Sebanding dengan foto yang dihasilkan.

Atur kontras atau biarkan natural, TS adalah contoh pengguna kamera handphone yang menyukai kenaturalan. Jadi biarlah foto diambil apa adanya tanpa penambahan efek ini itu. Jika HP kita kelas low-end menengah mungkin menambahkan efek adalah pilihan yang kurang tepat.

Jika kalian menginginkan penambahan efek maka editlah di komputer dengan program pengolah grafis atau photo editor kesayangan kalian. Itu akan lebih baik karena kita menjadi lebih leluasa dan tidak merusak gambar asli yang kita abadikan.

2. Jangan Gunakan Fitur Zoom

no-zoom.jpg
jangan gunakan fitur zoom
Bagi yang bekum mengetahui, mungkin fitur zoom pada kamera handphone akan memperbesar ukuran gambar. Namun hal tersebut salah besar. Karena fitur zoom di ponsel hanyalah digital zoom yang berarti hanya memperbesar gambar secara digital dan secara otomatis mengurangi ketajaman gambar.
Dekatilah objek foto, jangan sekali-kali menggunakan fitur zoom untuk memperdekat gambar. Tapi mendekatlah ke objek yang ingin kalian abadikan. Hal tersebut akan membuat gambar yang kalian hasilkan maksimal tanpa mengurangi resolusi gambar akibat fitur zoom.
Sekarang sudah banyak tersedia sebuah perangkat tambahan yaitu lensa tele untuk handphone, lensa tele berfungsi sebagai teropong atau lensa jarak jauh untuk ponsel. Jadi kalian mampu memperbesar objek sampai 8X dengan alat ini tanpa mengurangi resolusi.
3. Jaga Kestabilan dan Foto Sebanyak Mungkin
unduhan.jpg
jaga kestabilan
Kamera ponsel standar tidak memiliki shutter secepat ponsel kelas atas. Karena itu untuk bisa mengambil objek yang bergerak cepat memang cukup sulit. Hasilnya pasti berbayang atau bahkan tidak tertangkap sama sekali.
Ada kalanya juga kita memfoto objek diam namun tetap blur. Untuk menghindari kekecewaan karena hasil foto kita yang kurang bagus atau memuaskan. Maka ambilah foto lebih dari sekali pada objek yang sama. Hal ini berguna agar kita dapat  memilih gambar terbaik setelah selesai mengambil foto sebuah objek.
Hal yang perlu dilakukan lainnya adalah menstabilkan kamera handphone, karena seperti kita tahu bahwa ponsel standar biasanya tidak memiliki fitur anti goncang . Oleh karena itu maka kestabilan kamera amat sangat berpengaruh.
Untuk menstabilkan kamera saat kita membidik objek maka tahanlah napas kalian. Agar lebih stabil kalian dapat menggunakan benda di sekeliling kita untuk menahan lengan kita agar tidak goyang.
Nah mungkin cukup sekian dulu tips  hasilkan foto maksimal tanpa ponsel mahal kali ini yah. Semoga bermanfaat dan tunggu tips lainnya dari Hansipedia 😀

What's Your Reaction?

Ngamok Ngamok
0
Ngamok
Wkwk Wkwk
0
Wkwk
Luv Luv
0
Luv
Nangid Nangid
0
Nangid
WoW WoW
0
WoW
Mantap Mantap
0
Mantap
Unyu Unyu
0
Unyu

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Hasilkan Foto Maksimal Tanpa Ponsel Mahal

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item